Monday, May 08, 2006

gara'' aer

Udah beberapa hari ini tepatnya sejak minggu lalu aer di kos2an aku ngadat. Kadang2 mati sama sekali alias ga keluar aernya. Klopun akhirnya keluar itu juga keciiiiil buanget hidup segan mati ga mau. Efeknya jelas.. pengaruh bgt. Aku yang biasa klo mandi luamaaa mpe ngabisin aer 1 bak jadi harus ngirit2.. cos aku ga bisa ngebayangin klo udah ga ada aer samasekali di kosanku.. ga mandi mungkin bisa ditolerir tapi aku kan beser sering pipis klo ga ada aer gmn? masa harus pake pasir ceboknya..hiii…

Gara2 langka aer inipun aku pernah ampe ga mandi pas pergi kekantor. Cukup sikat gigi, cuci muka plus lap2 dikit badannya.. udah. Bis mo gimana lagi..waktu itu belum sempet nampung aer, yang ada cuma aer dibak mandi. Itupun dah seperempat dari dasar bak. Percuma aja klo mo mandi juga tanggung. Nanti pas sabunan aernya ga ada buat bilas.. kan malah lebih parah J. Dan soal ga mandinya aku ini -yg baru sekali2nya - karena aku memang orang rada aneh, aku ceritain ke bbrp temen kantor. Percakapannya kayak gini :


Gw : tau ga? Hari ini gw kan ga mandi.. (ngomong dg bangganya- eh ga mandi kok bangga ya?)..
Temen2 ( rike & agung) : hiii.. pantesan td kaya bau apa gitu....( standar deh…)
Gw : iya. Abis ga tau tuh tiba2 kran ngga keluar aernya.. ya terpaksa deh mandi kucing…
Rike : hah? Apa Mba.. mandi kucing? Hiii…
Gw : iya.. cepet2, Cuma lap2 aja.. pake handuk.. tapi tetep wangi kan..
Rike : kok mandi kucing siy?
Gw : (dalam hati- ih niy anak gimana siy..org dibilang ga ada aer) iya.. kan ga ada aer..jadi mandi kucing aja..
Rike : mba onit tau ga siy artinya mandi kucing itu?
Gw : mandi cepet2…
Rike : bukaaann…
Gw : hah? Emang ada arti lainnya?
Rike :.itu artinya.. aduh.Gung..kamu aja deh yg jelasin…
Agung : masa ga tau siy?
Gw : apaan???
Agung : klo kucing itu mandinya gimana? (coba mengarahkan..)
Gw : emang kucing mandi?. Bukannya takut aer…
Agung : iya.. makanya dia klo mandi gmn? Hm..gini deh klo lagi bersihin badannya kucing ngapain?
Gw : terdiam. Coba membayangkan kucing mandi. Trus geleng2..yg kebayang kucing klo disiram aer pasti berontak lari2…
Agung : tau ga??? lambat bgt siy..
Trus tiba2 teringat sesuatu
Gw : oiya.. dia (kucing) kan suka ngejilatin badannya gitu..
Rike & agung : Nah itu.. org sering bilang mandi kucing klo mandinya di gituin..hiii..
Gw : oh gitu.. ih…ya maap gw kagak tau deh…. (
ternyata mandi kucing itu istilah buat orang yang saling menji… i pasangannya). Hoeek.. males dehhh… untung ngomongnya blm kemana-mana.. hehe..)

So ceritanya pas pulang kerja jumat kemaren aer ngadat lagi. Masih mending ini masih keluar biar keciiil.. coz di tempat tetangga-kata ibu kos aku- malah ngga keluar aer sama sekali. So aku masih bisa mandi malem dan nyuci perkakas pribadi aku yg kecil2(coba tebak?) yg ternyata banyak bgt krn ditumpuk seminggu. aku emang biasa nyuci seminggu sekali. Pas hari sabtu. Jadi kebayang dong banyaknya.. so krn aku pikir aernya masih belum jelas hidupnya jadi yang biasanya cucian baju dll aku rendam jumat malem, ga aku lakukan. takpikir liat perkembangan besok deh. Teryata pas paginya mau sholat subuh aer masih hidup. Ya udah akupun merendam cucianku yg bejibun itu dan niatnya dicuci nanti siang2an abis bangun tidur (kan libur.. wajar dong klo bis sholat tidur lagi…) tepat jam 8 lebih dikit (berarti ga tepat dong ya? ) begitu bangun aku semangat niy langsung ke kamar mandi mo nyuci. Baru aja mo bilas-abis dikucek2 dari rendaman sabun- aku nyalain kran aer. Dan …tataaaa… aernya ga nyala bow! Uh sebel deh rasanya. Udah setengah jalan nyuci.. sebenernya aer dibak mandi msh penuh. Tapi aku siy mikirnya lebih penting buat mandi, cebok dll deh. So aku tinggalin aja tuh cucian di ember sambil dongkol. Oh ya pasti kamu2 pada bertanya2. kok aku ga minta dicucian aja ama orang.. percaya apa ga aku blm pernah loh punya keinginan kayak gitu. So far rasanya masih belum perlu tuh. Masih bisa dikerjaiin seendiri. Pertimbangan laennya aku ga percaya klo baju2ku dicuciin orang. Bukan ga percaya ama orangnya tapi ga percaya diri alias minder. Coz baju2ku banyak yg sebenernya ga layak pake. Entah itu celana pendek yg udah bolong2 atau kaos yg kerahnya udah molor2 masih setia aku pake buat tidur.. rasanya lebih nyamaaaan… kan ga lucu klo nanti ama mbak yg nyuci tuh baju diipake buat lap…uh… dan alasan lainnya.. (kayakna ini yg paling kuat) jelas pertimbangan ekonomis. Mending duit upahnya buat beli buku deh. (pelit apa miskin siy?hehe..)

Lanjut soal nyuci tadi. Karena udah ga mungkin langsung diteruskan. Akupun masuk kamar nonton tipi abis sarapan.. pas lagi nyantai2 aku ngeliat kok ibu bolak balik lewat depan kamar (itu berarti beliau dari luar rumah coz kamarku kan letaknya dekat pintu keluar) sth aku perhatiin ternyata si ibu kos ku yg baek hatinya itu lagi ngambilin aer dari tetangga buat dipake nyuci aku.. aduh aku jadi ga enak bodi niy(dan terharu).. padahal suer aku udah bilang ke ibu loh klo ga papa nyucinya ditunda dulu mpe aer nyala. Tapi dasar ibukosku berhati emas dia malah maksa2 aku make aernya..waduh aku kan jadi ga enak. Ntar dikira orang aku yg nyuruh lagi.. jadi ceritanya abis aer di ember penuh aku masih belum nerusin nyuci juga. masih keukeuh nunggu aer nyala aja. Biar ga berasa ngerepotin ibu kos. Tapi ngeliat hari makin siang dan cuaca lagi bagus/matahari bersinar cerah-bagus krn cucian jadi cepet kering klo dijemur- akhirnya aku memutuskan buat nyuci aja pake aer hasil ambilan ibu. Yaaa.. begitulah akhirnya. Ga enak-ga enak akhirnya dipake juga. hehe.. abis gimana duong….kan kepepet..Untung ga lama kran aernya nyala. Alhamdulillah..

Sekarang aku jadi lebih sayang ama aer…dan ama ibu kosku tentunya..


No comments: